Home » » Contoh Proposal Permohonan Bantuan Buku

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Buku

Posted by SURALAGA ONLINE on Rabu, 09 Mei 2018


Nomor : 02/Perpus/MA.NW/VI/2017                                                       Boro’ Tumbuh, 12 Juni 2017
Lamp   : Proposal
Perihal  : Permohonan Bantuan Buku

          Kepada
Yth. BAPAK/IBU PIMPINAN PUSDA LOTIM
di -
Tempat

Assalamu’alaikum.Wr.Wb

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga sampai detik ini kita masih diberikan banyak kenikmatan waktu untuk selalu menuntut ilmu dan mengabdi kepada masyarakat.

Sehubungan dengan Inisiatif Pengelola Perpustakaan Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh Desa Tumbuh Mulia Kec. Suralaga Lotim yaitu dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan wawasan Peserta didik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, kami bermaksud memberdayakan perpustakaan Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh. Untuk mewujudkan hal tersebut, kami membutuhkan berbagai koleksi buku bacaan. Oleh sebab itu kami mengharapkan bantuan Bapak/Ibu Pimpinan PUSDA LOTIM untuk memberikan bantuan berupa buku-buku bacaan.

Demikian surat permohonan kami sampaikan, atas bantuan dan kerjasama Bapak/Ibu Pimpinan PUSDA LOTIM kami ucapkan Jazakumullahu Khairan Katsira.

Wallahul Muaffiqu Wal Hadi Ila Sabilirrasyad
Wssalamu’alaikum Wr.Wb.



Mengetahui
Kepala Madrasah Aliyah
Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh




Asmu’I, S.Pd.I

Kep. Perpustakaan Madrasah Aliyah
Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh




Muh Zulkifli, QH., M.Pd.I







A.    PENDAHULUAN
Segala puji bagi Allah SWT. Dengan rahmat-Nya, sempurnalah yang baik. Dengan karunia-Nya turunlah segala kebaikan. Dan dengan taufik-Nya tercapailah segala tujuan. Bagi Allah pula segala puji sepenuh langit dan bumi, dan sepenuh segala sesuatu yang menjadi kehendaki-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah SAW. Sebagai pendidik dan pembawa petunjuk, sebagai hujjah atas semua manusia untuk menyempurnakan akhlak mulia, untuk mengeluarkan dunia dari kegelapan menuju cahaya dan menunjukkan mereka ke jalan Allah yang lurus. Semoga shalawat dan salam juga terlimpahkan kepada keluarga Nabi SAW, para sahabatnya dan orang yang mengikutinya dengan baik sampai hari pembalasan.
Pendidikan merupakan kebutuhan mendasar dan pokok dalam kehidupan manusia. Karena dengan pendidikan itulah manusia yang lahir tanpa mengetahui apapun menjadi tahu segala hal. Kita tahu, bahwa pendidikan juga melibatkan begitu banyak pilar kelembagaan. Diantaranya yang pertama adalah Keluarga yang berperan sangat penting, yaitu sebagai “al Madrasatul ‘Ula” yang menanamkan nilai dasar aqidah dan ibadah kepada seorang anak. Pilar yang kedua adalah Sekolah, sebagai penyelenggara pendidikan dalam pematangan pengetahuan dan kemampuan seorang anak. Dan yang ketiga adalah Masyarakat, yang secara langsung ataupun tidak langsung menjadi sarana pendewasaan seorang anak. Maka dari itu kita bersama perlu menjadikan pilar-pilar pendidikan tersebut berfungsi secara sinergis guna menjadikan manusia yang berilmu dan berakhlak baik. Dalam rangka ikut serta memerangi kebodohan serta meningkatkan minat baca dan kualitas pengetahuan masyarakat sekolah di lingkungan Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh.
Membaca adalah satu aktivitas penting bagi terciptanya generasi-generasi yang memiliki wawasan luas dalam segal hal, dan sudah barang tentu peka terhadap kondisi lingkungannya. maka kami bermaksud memberdayakan perpustakaan Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh. Karena dalam keterbatasan kami dalam menanggung beban dana penyedian buku-buku serta operasional, maka bersama ini dengan hormat mengajukan permohonan kepada Bapak/Ibu Pimpinan PUSDA LOTIM untuk kiranya dapat membantu dalam pengadaan koleksi buku.
B.     LANDASAN PEMIKIRAN
Berawal dari keprihatinan kami terhadap keluhan peserta didik yang tingkat minat baca kian hari bertambah semangat, meminta buku-buku baru yang memang saat ini hanya ada buku-buku lama dengan tambahan buku paket Agama dari Kemenag yang jumlahnya tidak begitu banyak itupun tidak semua matapelajaran agama, maka kami berinisiatif untuk mengumpulkan buku bacaan. Oleh karena itu, untuk menanamkan budaya membaca  bagi  anak bangsa  kita yang sudah  sangat  memperihatinkan, belum  lagi  di  era  serba  tekhnologi  ini,  pasalnya,  serbuan  media  elektornik,  seperti  televisi,  internet, dan lain sebagainya telah membuat  aktivitas membaca menjadi pekerjaan yang dinomorkan berikutkan. Tidak hanya generasi  yang instan yang bakal lahir, melainkan manusia-manusia yang tidak mengawali satu pekerjaan dari nol dan bersungguh-sungguh, Sehingga dengan keberadaan Perpustakaan ini bisa memberikan nuansa baru dan berwisata pengetahuan lebih jauh dan bermutu melalui buku.
 C.    TUJUAN
Adapun tujuan dalam pendirian perpustakaan ini yakni untuk:
1.     Mempermudah Peserta didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan mendapatkan buku referensi.
2.      Mendekatkan Peserta didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan dengan buku.
3.      Memberikan Peserta didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan kegiatan bermutu lewat membaca.
4.      Meningkatkan kualitas dan kwantitas Perpustakaan sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh masyarakat sekolah di Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh.
D.    TARGET
Dengan adanya perpustakaan ini diharapkan dapat memberikan sarana belajar yang mudah diakses, murah dan meningkatkan minat baca Peserta didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan. 
E.     PERMOHONAN BANTUAN
Melihat Penjelasan di atas, tentu tidak hanya sikap prihatin saja yang dibutuhkan, tetapi haruslah dijawab dengan langkah yang nyata untuk mewujudkan masyarakat yang gemar membaca. Untuk itu, dengan segelintir orang, saat ini kami sedang memberdayakan sebuah perpustakaan untuk Peserta didik, Pendidik, dan Tenaga Kependidikan, dengan nama perpustakaan Madrasah Aliyah Mu’allimin NW Boro’ Tumbuh.
Koleksi yang kami miliki saat ini sebanyak 1000-an buku lebih sedikit yang terdiri dari buku pelajaran, novel, buku agama, pengetahuan umum yang berasal dari dana pribadi dan bantuan dari berbagai pihak. dengan jumlah yang sangat terbatas ini masih sangat jauh dari cukup, terlebih lagi banyaknya buku-buku lama yang kurang diminati untuk baca. terkait dengan hal tersebut di atas, saat ini kami masih mempunyai beberapa masalah, diantaranya masalah yang sangat urgen yakni kurangnya bahan koleksi buku untuk  layaknya sebuah perpustakaan yang bertujuan sebagaimana tersebut diatas.
Sehingga melalui proposal ini kami mohon bantuan koleksi buku, majalah, CD pembelajaran, atau yang lain lain yang sifatnya mendidik bagi masyarakat sekolah untuk membantu demi terwujudnya perpustakaan tersebut.
Adapun koleksi buku yang kami perlukan (boleh buku Bekas) antara lain :
ü  Buku Pelajaran SMU/MA (Jurusan IPA dan IPS)
ü  Buku bacaan keagamaan
ü  Buku Teknologi
ü  Buku Komputer
ü  Buku Pertanian dan Peternakan
ü  Novel
ü  Majalah
ü  Buku Ketrampilan
ü  Atlas
ü  Kamus
ü  Dan seluruh jenis buku yang bersifat memberikan pendidikan dan pengetahuan. 
F.     PENGATURAN OPERASIONAL  PERPUSTAKAAN MADRASAH
Pengelolaan Perpustakaan Madrasah langusung dikelola oleh Kepala Perpustakaan dan staf yang ditunjuk melalui seleksi, dengan catatan orang-orang yang memiliki loyalitas yang tinggi dalam mengelola Perpustakaan. Untuk mekanisme pengelolaan perpustakaan Madrasah dibuka setiap hari dari jam 06.45 sampai jam 14.00 (selama hari efektif masuk sekolah), kecuali hari Minggu dan hari-hari libur Umum.
G.    PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat dengan sebenar-benarnya, semoga bisa dijadikan pertimbangan bagi pihak-pihak terkait. Atas kerjasama dan partisipasinya kami sampaikan terima kasih.

Thanks for reading & sharing SURALAGA ONLINE

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman