Home » » Induk Segala Kesalahan

Induk Segala Kesalahan

Posted by SURALAGA ONLINE on Sabtu, 12 Mei 2018

Induk Segala Kesalahan


Nabi saw, bersabda : "Allah telah memberikan wahyu keada Musa bin Imran di dalam Taurat :

artinya:
"sesungguh, pokok segala kesalahan ada tiga, yaitu satu sombong, dua hasud dan tiga rakus. dari yang tiga itu munculllah enam macam yang lainnya, sehingga menjadi sembilan, yaitu kenyang, tidur, bersenang-senang, mencintai harta, mencintai pujian, cinta jabatan."

mengenai sikap sombong, Nabi saw bersabda :
artinya :
"sikap sombong itu menolak kebenaran dan meremehkan orang lain."

Barang siapa merasa dirinya agung dan meliat orang lain rendah, maka ia terbilang orang sombong.

tentang hasud, Mu'awiyah berkata : 
"tidak ada kejahatan yang lebih parah dari pada dengki. orang yang dengki dapat membunuh sebelu dia sampai orang yang dia dengki."

Rakus dalam menghadapi dunia, Malik bin Dinar r.a berkata : "Jika badan sakit, maka tidak berguna makanan, minuman, hidup dan kesenangan. Begitu pula jika hati sudah mencintai dunia, maka tidak akang berguna nasihat."

Mencintai harta, Sayid Abdullah Al-Haddad berkata :
"Engkau harus mengeluarkan dari hatimu rasa cinta terhadap emas dan perak, sehingga dua benda itu engkau pandang seperti batu dan tanah."

demikian pula rasa cinta terhadap pujian, hendaknya dapat dihilangkan sesempurna mungkin, sehingga dipuji atau dicela dapat dirasakan sama saja.
akan halnya cinta kekuasaan atau pangkat dan jabatan, hendaknya dapat dihilangkan secara total, sehingga rasanya sama saja antara menjadi perhatian orang atau diabaikan orang. Cinta pangkat atau jabatan itu lebih berbahaya dibanding cinta harta, walaupun keuda-duanya menunjukkan adanya indikasi kecintaan terhadap duniawi. Pankal kecintaan pangkat atau jabatan adalah cinta keagungan, padahal keagungan itu salah satu sifat Allah. Sedang pangkal cita harta adalah kegemaran hidup penuh nikmat, di mana kegemaran seperti ini adalah sifat binatang.













(Sumber : Kitab Nashaihul 'Ibad)

Thanks for reading & sharing SURALAGA ONLINE

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman